Kawah Ratu sendiri masuk ke dalam Resort (RPTN) yang tersedia di SPTN Wilayah III Sukabumi, Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Lokasi tepatnya berada di kaki Gunung Salak dari segi lereng selatan Gunung Salak. Secara administratif, lokasi ini berbatasan dengan Desa Cidahu, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi.

Bisa dibilang, Kawah Ratu terlalu ringan dijangkau baik dengan kendaraan roda dua atau roda empat. Dari arah Bandung, kamu bisa menempuh rute kota Sukabumi, lanjut ke arah Bogor sampai perempatan Cidahu, sesudah itu belok kiri lurus sampai ke lokasi wisata Kawah Ratu.

Jika dari arah Jakarta, kamu bisa menempuh perjalanan lewat tol Jagorawi sampai di Ciawi, sesudah itu lanjut ke jalur arah Sukabumi sampai di perempatan Cidahu, lalu belok kanan dan lurus sampai di lokasi wisata Kawah Ratu.

Keberagaman Biodiversity

Lokasi wisata Kawah Ratu punya vegetasi tumbuhan yang memadai unik. Di sebelah bawah, terdiri dari gugusan pohon Damar dengan batang lurus dan daun menyerupai jarum. Tanah di bawah tegakan pohon ini memadai bersih dari vegetasi bawah, agar mampu dijadikan lokasi kemah. Di lokasi anggota hutan bervegetasi homogen, pengunjung bisa saja berjumpa slot depo 10k dengan satwa liar, layaknya monyet ekor panjang, jelarang, jenis-jenis musang, burung, dan sebagainya.

Semakin naik ke atas menuju jalan hiking, anda dapat merasakan situasi hutan belukar alami khas pegunungan tropis. Satwa liar di area ini dapat makin lama beragam, merasa dari visual, jejak, maupun suaranya.

Di area kawasan vegetasi hutan hujan tropis ini, pengunjung bisa saja dapat menyaksikan surili, monyet ekor panjang, owa jawa, lutung, dan juga macan tutul atau macan kumbang, dan juga mendengar beragam nada khas dari serangga dan burung kecil. Tentu aja pertemuan ini secara tidak langsung, dari kotoran, jejak kaki, dan marking pada batang pohon.

Objek Wisata Alam Yang Menjanjikan

Di area wisata ini, kamu dapat mendapatkan area berkemah yang lumayan luas. Ada tiga blok yang ditambah bersama fasilitas MCK atau toilet, dan juga warung-warung yang menyediakan makanan berat dan ringan. Ketiga blok ini tersusun dari blok paling bawah sampai paling atas. Masing-masing blok dihubungkan bersama jalan beraspal yang mampu dilewati kendaraan roda dua maupun empat. Dari area perkemahan ini, kamu sudah mampu lihat matahari terbit di puncak Gunung Gede.

Berpindah dari area perkemahan, kamu mampu menjelajah untuk mendapatkan air terjun. Resort Kawah Putih miliki tujuh air terjun yang lokasinya tersebar. Namun, hanya tersedia lima air terjun yang enteng dibuka dan biasa dikunjungi wisatawan. Kamu mampu menikmati keindahan pemandangan, gemurush nada air dan angin yang berpadu, sekaligus main di air terjun Curug 1, 2, 3, Curug Dua Undak, dan Curug Ngumpet.

Highlight dari area wisata ini adalah Kawah Ratu yang merupakan bekas letusan Gunung Salak. Area kawah ini miliki luas sekitar 2 hektar dan sampai waktu ini masih mengeluarkan air dan uap panas, dan juga gas belerang.

Kawah ini sering menjadi titik akhir waktu hiking atau pendakian, jaraknya sekitar 3,5 Km dari kantor Resort Kawah Ratu di Cidahu. Di tengah jalan pendakian, tersedia suatu lapangan seluas 0,75 hektar yang umumnya digunakan sebagai area berkemah sampai area penerbangan drone.